Tantangan itu Indah

Dalam menjalani proses hidup dan kehidupan ini sering, bahkan senantiasa kita dihadapkan pada masalah. Apa saja, mulai dari masalah rumah, masalah sekolah, masalah pekerjaan apa lagi. Pada umumnya adalah berawal dari hubungan  ( relationship ) antar sesama. Tetapi apapun bentuknya yang paling sering kita lakukan adalah salah dalam mensikapi masalah itu sendiri. Kita sudah kadung tidak suka menghadapi masalah, jadi begitu ia dateng kita sudah cemberut, hati kecut, kesal, dan kecenderungan untuk menolak. Kalau boleh mbok jangan dikasih masalah gitu pikirnya…………

Inilah sebetulnya awal dari kesalahan yang kita lakukan karena cenderung sudah negatif lebih dahulu dan tidak bisa secara jernih memandang suatu masalah. Tidak bisa memilah dan memilih, ini suatu tantangan, atau koreksi dari yang kita lakukan atau itu merupakan tempaan agar fondasi kita semakin kuat. Apapun itu memndang secara jernih dan memetakan masalah dengan baik itu langkah awal.

Bagaimanapun, siapapun, dan dimanapun selama masih kita bernafas maka masalah senantiasa selalu akan bersama kita. Tidak bisa dielakkan dan dihindari. Untuk itu keterampilan mengellola suatu masalah adalah kata kuncinya. Memang yang membikin complicated suatu masalah adalah tidak hanya melibatkan common sense saja tetapi juga pelibatan emosional ( Hati ). Kadang-kadang dengan kondisi yang complicated tersebut jalan keluar yang diambil sering meninggalkan common sense dan mendahulukan emosi. Sehingga solusi yang diambil cenderung tidak rasional dan subyektif. Hal ini akan menjadikan pelebarkan masalah dan  lebih menambah complicatednya.

Tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita kedepan. Kata orang bijak orang yang sudah punya visi dan dalam kondisi on the track pada visinya maka cenderung akan berfikir kedepan. Nah begitu juga dengan masalah anggaplah sebagai tantangan. Dengan kita memakai prinsip yang demikian kalau datang masalah kita positif thingking dan ucapkan well come new lesson. Dengan kondisi tenang dan enjoi cenderung lebih mudah menyelesaikan sesuatu karena tanpa tekanan. Semakin banyak tantangan yang datang semakin matang kita, Inget kematangan atau kedewasaan itu pilihan dan harus melewati proses dan bukan otomatis. Ah andai kita tidak pernah ada masalah alias tidak pernah menghadapi tantangan bisa dibayangkan betapa lemah dan bebalnya mental kita. Tantangan itu indah…..sangat indah…………. 

  

 

2 responses to “Tantangan itu Indah

  1. Hal sederhana yang kadang-kadang sulit dilakukan….kecerdasan emosional adalah jawabnya.

  2. Hal yang paling sulit, bagaiman kita belajar ikhlas tanpa pamrih memberikan perhatian ……..semakin berusaha , semakin sering semakin terasah empati, insyaaAllah ikhlas akan menghampiri..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s