Peluang Usaha Minyak Atsiri…..Bagian I

Diera sekarang ini era yang penuh dengan ketidak pastian, gelombang PHK dimana-mana. Berimplikasi pada turunya konsumsi, barang menumpuk, harga cenderung turun  karena over supply barang. Pengusaha puyeng tujuh keliling, karyawan dan bekas karyawan pada putus asa seakan sudah tidak ada hari esok. Bahkan lebih jauh lagi…diprediksi tahun 2009 ekspor akan turun 50 %. In dikatornya bulan Nopember ekspor turun 11 %. Apakah dunia ini akan kiamat??? tidak jawabku tegas dalam salah satu trainning yang diadakan oleh salah satu majalah agribisnis terkenal. Masih ada peluang-peluang yang cukup besar untuk bisa dilakukan. Turunnya konsumsi produk-produk tersier tidak bisa dipungkiri akan tetapi menggarap suatu produk yang seratus persen ( 100 % ) produk lokal dengan konsumsi lokal dan ekspor.

Salah satu yang cukup menarik dan memenuhi kriteria dalam kondisi turbulensi ekonomi ini adalah ” Usaha di Bidang Minyak Atsiri “. Apa itu itu minyak atsiri ???
I. SELINTAS TENTANG MINYAK ATSIRI ( Essential Oils )

 Peran Agribisnis Terhdap Pembangunan Ekonomi Indonesia.

Indonesia yang beriklim tropis dan dikenal sebagai Negara agraris, mestinya arah pembangunan bertitik tumpu pada agro industry. Baik dalam industry Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan sebagainya.
Agro Industri dicirikan oleh padat karya dan mempunyai multiplier effek yang nyata terhadap perputaran roda ekonomi lokal maupun nasional.

 Pengembangan Bisnis Minyak Atsiri dan Prospeknya.

Minyak atsiri dalam bahasa diterjemahkan dalam beberapa istilah, diantaranya : essential oil, minyak essential, minyak etheris, minyak terbang serta disebut juga minyak aromatic.

Menurut Wikipedia minyak atsiri merupakan kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang, namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas.

Ciri khas dari minyak atsiri ini adalah : mudah menguap karena titik didih yang rendah.

Keaneka ragaman tanaman aromatic yang menghasilkan minyak diperkirakan 160- 200 jenis. Dalam dunia perdagangan telah bereredar kurang lebih 80 jenis minyak atsiri. Sedangkan Indonesia diperkirakan ada 12 jenis minyak atsiri yang diekspor ke pasar dunia.

Penggunaan minyak atsiri ini sangat beragam, dapat digunakan mellalui berbagai cara yaitu melalui mulut/dikonsumsi langsung berupa makanan dan minuman seperti jamu yang mengandung minyak atsiri, penyedap/fragrant makanan, flavor es krim, permen, pasta gigi dan lain-lain. Pemakaian luar seperti untuk pemijatan, lulur, lotion, balsam, sabun mandi, shampoo, obat luka/memar, pewangi badan ( parfum ). Melalui pernafasan ( inhalasi/aromatherapy ) seperti untuk wangi-wangian ruangan, pengahrum tissue, pelega pernafasan. Pemanfaatan aromatherapy sebagai salah satu pengobatan dan perawatan tubuh yang menjadi trend “ back to nature “ sangat membutuhkan bahan baku yang beragam dan bermutu dari tanaman aromatic.
Minyak atsiri merupakan salah satu bagian dari agribisnis. Bisa masuk dalam lingkup pertanian atau kehutanan. Dalam lingkup kehutanan dikenal dengan industry hasil hutan bukan kayu ( HHBK ).
Sebagian besar minyak atsiri yang diproduksi petani diekspor dengan pangsa pasar untuk : Nilam 64 %, Kenanga 67 %, Akar wangi 26 %, Serai wangi 26 %, Pala 72 %, Cengkeh 63 %, Jahe 0,4 %, dan Lada 0,9 % dari ekspor dunia.
Negara tujuan ekspor adalah Amerika Serikat 23 %, Inggris 19 %, Singapura 18 %, India 8 %, Spanyol 8 %, Perancis 6 %, China 3 %, Swiss 3 %, Jepang 2 % dan Negara-negara lain 8 %. ( Strategi pengembangan Minyak Atsiri Indonesia / Balai Penelitian Obat dan Aromatik ).
Pada tahun 2004 nilai ekspor komoditas atsiri Indonesia US $ 47,2 juta . Sedangkan Indonesia juga mengimpor hasil olahan dan derivatnya US $ 117,20 Juta. Sesungguhnya neraca perdagangan dari sector minyak atsiri ini Negara kita masih minus.

Kata ERBE SENTANU dalam salah satu bukunya adalah bagaimana kita membangun positif feeling, agar semua harapan kita akan terwujud……maka dalam membangun usaha ini pula kita harus meningkatkan positif feeling agar peluang yang bagus mengahasilkan realitas yang bagus juga ….semoga………………

One response to “Peluang Usaha Minyak Atsiri…..Bagian I

  1. tahukah anda pemasaran minyak atsiri di luar dan di dalam negri?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s