Revolusi Budaya

Aku termasuk dalam kelompok klub ” Gaptek” alias gagap teknologi. Betapa fenomena yang luar biasa terjadi perubahan yang demikian dahsyat dalam teknologi informasi dalam dekade terakhir.
Pada saat-saat zaman sekolah dulu, telephon rumah masih sangat jarang, sehingga komunikasi tercepat kalau “meminta” arus kas dari ortu ya lewat “telegram” menggunakan jasa Telkom. Memang dengan keterbatasan teknologi memaksa kita menggunakan kata atau kalimat yang efisien, tetapi penerimanya akan mampu memahami keseluruhan berita yang kita sampaikan. Dalam telegram cukup kita tulis ” Putro waras artho telas ” ortu kita sudah memahami kondisi kita dan apa yang kita butuhkan.

Seiring dengan zaman maka orang dalam mengirimkan informasi tertulis dengan menggunakan facimile. Setelah penggunaan jasa satelit, maka berkembang telephone genngam atau mobile phone, yang dimulai dengan fitur yang sangat sederhana ” hanya bisa nelpon “. Kemudian disusul dengan SMS ( Short masage service ) dan disusul fitur-fitur lain yang lebih memnjakan umat manusia. Dulu hanya orang “sakti” saja yang bisa berbicara dalam jarak yang jauh dan nir kabel. Sekarang hampir setiap orang bisa berkomunikasi jarak jauh tanpa kabel.
Seiring dengan teknologi informasi komputer dan lap top memegang peranan yang sangat penting dalam hubungan/Relationshipnya. Dimulai dari email, millist, blog, friendster, facebook dan banyak lagi……………….
Seperti yang aku kemukakan didepan…aku termasuk pasukan gaptek, maka secara sederhana, masing-masing program atau apapun namanya aku pakai menurut kenyamananku sendiri….

Tentu sekarang surat menyurat yang paling mudah ya menggunakan email….jadi email lebih banyak aku fungsikan untuk surat menyurat atau sejenisnya.

Millist aku gunakan dalam berkomunikasi dalam suatu komunitas tertentu. Sehingga sekali kita kirim, maka seluruh anggota akan dapat membacanya atau sebaliknya satu orang mengirim pertanyaan, maka semua akan membaca pertanyaan tersebut. Hal ini sangat efisien dan efektif.

Blog, wah ini aku gunakan untuk menulis, ya apa aja yang senang aku tulis, aku punya beberapa kategori sesuai dengan bidang dan ketertarikanku : Bisnis atsiri, Budaya, Kehutanan, Lingkungan. Enaknya di blog kita nyaman menulis tanpa harus lewat birokrasi dan segala macemnya. Siapapun bisa mengakses blog kita membaca kalau mau ya memberi tanggapan, ya berbagi informasilah apa yang kita tahu dan kita pengin bagikan, mudah-mudahan berguna…..

Ada lagi Facebook, nah yang ini untuk menjalin tali silaturohmi kepada orang-orang yang pernah berkorelasi dengan kita, entah sekolah, temen kampung, temen kerja, temen main pokonya luas banget. tadinya yang sudah tidak berkomunikasi karena kehilangan jejak dengan membuka Facebook kita akan dapat mengakses kembali.

Jika ditilik aku yang awam teknologi saja dalam bersosial cukup dengan komputer atau laptop dan bisa ” bersilaturohmi’ kemanapun dengan ongkos yang sangat murah. Betapa teknologi ini merubah kebiasaan orang. Dulu orang untuk bersilaturohmi jauh dan harus meluangkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Kadang justru sudah kehilangan jejak. Sekarang orang didalam kamar bisa ngoceh, bisa ngrumpi, bisa menuangkan ide dan bisa dibaca orang, bisa mengirim surat resmi…………DIKAMAR oarang bisa apa saja…………Ini merupakan revolusi budaya……….karena budaya terbentuk dari kebiasaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s