Free your mind…….

Hidup kita pada hakekatnya adalah suatu prosess. Setiap proses tentu mengharuskan memerlukan waktu. Selama berproses tersebut senantiasa selalu mengalami pengalaman demi pengalaman. Ada pengalaman pahit ada pengalaman manis, ada pengalaman lucu, ada pengalaman malu, ada pengalaman sedih, ada pengalaman bahagaia, ada pengalaman sukses alias berhasil, ada pengalaman gagal bahkan sampai total. Setiap insan pasti mengalaminya termasuk nota bene orang-orang yang dikategorikan sukses atau berhasil juga mengalami hal yang sama.

Tapi kenapa ada sebagian kecil orang yang dapat mencapai apa yang diinginkan dan sebagian besar tidak dapat mencapai apa yang diinginkan??apakah itu taqdir alias sudah ditentukan oleh sang pemilik kehidupan atau upaya yang belum maksimal sehingga belum tercapainya apa yang diinginkan?? wah agak panjang untuk membahas ini. ” Gantungkan cita-citamu setinggi langit ” kata Bung Karno. Berarti keinginan atau cita-cita boleh tidak berpijak pada bumi alias melesat jauh dari apa yang ada didiri kita. Mustahil??? nanti dulu mari kita telaah sama-sama. Kenapa orang orang ” besar ” selalu menempatkan cita-cita demikian tinggi. Apakah ” beliau-beliau ” itu tidak punya kendala, atau orang-orang tersebut berbeda dari yang lain?? ternyata sama : lahir semua dari bayi yang tidak bisa apa-apa, ada orang-orang yang sukses itu berasal dari keluarga yang lemah, ada orang-orang yang sukses itu berasal dari pendidikan yang rendah, dan sebagainya dan sebagainya dengan penuh variasinya.

Pada suatu malem saya nonton film di TV, judulnya ” Matrix ” dan sudah kesekian kali film itu ku tonton. Tapi hikmah yang dapat aku ambil pada saat nonton malam itu……ternyata gagal untuk mencapai sesuatu karena fikiran kita telah memprogram untuk gagal. Kita sering justru fokus dan konsentrasi pada resiko-resiko….kalau kita mau loncat dari gedung satu kepada gedung lain….yang kita fokuskan pada betapa tingginya gedung, kalau kita tidak mampu akan jatuh yang sangat dalam,…..selalu ketakutan-ketakutan yang kita kedepankan. seharusnya ” Free your mind…… ” bebaskan fikiranmu dari kegagalan ketakutan justru sebaliknya fikiran kita harus kita program kepada keberhasilan….keyakinan. Dalam khadist qudsi ( suatu ide dari Allah redaksi oleh Nabi Muhammad SWT ), dikatakan ” Aku ( Allah ) sesuai dengan dugaan hambaku “…….sangat jelas disini kita harus senantiasa berprasangka yang baik dengan memprogram diri kita dengan fikiran-fikiran yang positif.

Kalau kita cermati saat kita berbicara dengan orang lain, bisa disimak apakah orang ini tergolong gagal atau berhasil. Kalau orang gagal kalimat-kalimatnya banyak yang negatif ” wah sekarang susah ya, krisis global ini semua serba sulit, kalau usaha itu sulit udah banyak…..dan sebagainya-dan sebagainya. Sedangkan kalau kita dengar kalimatnya berenergi dan penuh optimis seperti ” Mumpung orang banyak PHK krisis global kita bikin usaha trainning lifeskill agar banyak bermanfaat yoak, wah bisnis ini luar biasa peluangnya, memang sih banyak kompetitor tapi kita punya defferensiasi kok jalan aja….dan sebagainya dan sebagainya….itu salah satu ciri orang yang berfikir posistif dan orang yang senantiasa berprasangka baik…..

Bagaimana kita belajar menjadi pribadi yang positif?? begitu banyak methode yang diajarkan baik dalam ajaran agama, buku-buku, seminar motivasi, VCD, dan sebagainya….Tapi yang terpenting adalah dari interpersonal kita sendiri. Meskipun tidak mudah karena setiap orang pasti mengalami kegagalan, kesulitan, ketidak berdayaan yang menjadikan faktor penghambat dari berfikir secara positif atau pembebasan fikiran dari hal-hal yang negatif dan destruktif.

” If you think you can, you can ” kalimat yang sering kita dengar tapi seringkali pula hanya kalimat yang berlalu tanpa makna. Padahal dalam kalimat tersebut mengandung energi yang sangat kuat apabila kita meresapinya. Ya Allah berilah kami rasa optimise dalam menjalani kehidupan yang fana ini, berilah kami keyakinan yang penuh bahwa apapun kami senantiasa bergantung kepadaMU, memasrahkan diri kami kepadaMU setelah kami berusaha semampu kami. Berikan kepada kami senantiasa fikiran yang positif dari setiap keinginan dan cita……amien.

One response to “Free your mind…….

  1. yah…”AKU adalah prasangka hamba-KU.” saya pun mengimani itu. ketika mulai diterpa cobaan, seringkali saya mengucapkan lagi dan lagi salah satu ayat yang artinya, “Dan jika ada yang bertanya tentang AKU, maka jawablah bahwa AKU adalah dekat.” itu memberi sebuah power tersendiri bagi saya. karna apa pun yang terjadi, DIA ada untuk saya….. sehingga tidak ada alasan untuk give up. SEMANGAT, Pak !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s