Koridor Untuk Hasil Hutan Bukan Kayu Lewat Udarakah ???

Di Indonesia menganut negara hukum bukan negara kekuasaan. Maka diatur tata urutan perundang undangan dan peraturan. Urutan yang lebih tinggi sebagai acuan peraturan yang lebih rendah. Adapun ururtan perundang undangan dan peraturan-peraturan adalah sebagai berikut :

  • Ketetapan MPR
  • Undang-Undang/Perpu
  • Peraturan Pemerintah
  • Peraturan Presiden
  • Keputusan Presiden
  • Peraturan Menteri
  • Instruksi Presiden
  • Keputusan Menteri
  • Surat Edaran Menteri
  • SK eselon I
  • Peraturan Daerah

Di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II penamaan Departemen diganti menjadi Kementerian. Dalam setiap kementerian biasanya seorang menteri banyak mengeluarkan Peraturan Menteri. Tidak terkecuali untuk Kementerian Kehutanan.

Salah satu yang harus diatur dalam Peraturan Menteri Kehutanan adalah maslah Koridor. Definisi koridor adalah jalan angkutan kayu didarat baik yang berupa jalan truck maupun lori, yang dibuat dan atau dipergunakan untuk mengangkut kayu kayu dari areal IUPHHK tertentu ke tempat penimbunan kayu/logpond ditepi sungai/laut atau tempat lain dengan melalui areal diluar areal IUPHHK yang bersangkutan ( Keputusan Menteri Kehutanan No : SK.352/Menhut-II/2004 tentang Izin Pembuatan dan Penggunaan Koridor Untuk Kegiatan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu (IUPHHK) Pada Hutan Alam Atau Hutan Tanaman. Bab I ayat 1 nomor 8.

Ketentuan pembuatan dan penggunaan koridor ini telah diperbaharui oleh Permenhut No : P.9/Menhut-II/2010 jo P.30/Menhut-II/2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.9/Menhut-II/2010 Tentang Izin Pembuatan dan Penggunaan Koridor.

Dalam Permenhut No P.30/Menhut-II/2010 Pasal 1 Nomor 8. Koridor adalah jalan angkutan dapat berupa jalan darat, kanal, lori/rel atau lainnya yang dibuat dan atau dipergunakan terutama untuk mengangkut hasil hutan kayu atau bukan kayu atau hasil produksi primer hasil hhutan kayu dan bukan kayu dari areal IUPHHK pada hutan alam atau IUPHHK pada hutan tanaman atau IPK atau areal industri primer hasil hutan ke tempat penimbunan kayu/log pond di tepi sungai/laut atau tempat lain dengan melalui areal hutan di luar areal IUPHHK/BK pada hutan alam atau pada hutan tanaman, IPK atau areal industri primer hasil hutan yang bersangkutan.

Selanjutnya dalam nomor 9. Izin pembuatan koridor adalah iizin yang diberikan oleh pejabat yang berwenang kepada pemegang IUPHHK pada hutan alam, IUPHHK pada hutan tanaman atau IPK untuk membuat dan menggunakan jalan angkutan kayu di luar areal izinnya.

Dalam nomor 10 Pasal yang sama disebutkan Izin penggunaan koridor adalah izin yang diberikan oleh pejabat berweang kepada pemegang IUPHHK pada hutan alam, IPHHK pada hutan tanaman atau IPK untuk menggunakan koridor yang telah ada dan tidak ada pemegang izinnya.

Hal ini cukup menarik karena pada nomor 8 diuraikan bahwa koridor tersebut untuk mengangkut hasil kayu dan bukan kayu. sementara dalam nomor 9 dan nomor 10 tidak menyebutkan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu ( IUPHHBK ) tetapi hanya memuat IUPHHK baik hutan alam, hutan tanaman atau IPK.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kehutanan No P.35/Menhut-II/2007 tentang Hasil Hutan Bukan Kayu, menjelaskan yang dimaksud dengan Hasil Hutan Bukan Kayu atau HHBK adalah Hasil hutan hayati baik nabati maupun hewani beserta produk turunannya dan budi daya kecuali kayu yang berasal dari hutan. Salah satu jenis HHBK disini adalah sagu. Maka izinya berupa Izin uasaha pemanfaatan hasil hutan bukan kayu pada hutan tanaman industri sagu yang selanjutnya disingkat IUPHHBK HTI Sagu dalam hutan tanaman pada hutan produksi melalui kegiatan pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan, pengamanan, dan pemasaran hasil.

Jadi jelaslah disini bahwa IUPHHBK tidak akan dilayani oleh pejabat berwenang dalam izin pembuatan dan penggunaan koridor. Karena sesuai dengan Permenhut yang ada, pejabat yang berwenang memberi izin hanya berwenang mengeluarkan izin pembuatan dan pembuatan koridor pada IUPHK baik hutan alam maupun hutan tanaman dan IPK. Pertanyaannya terus HHBK harus lewat mana dalam pengangkutan hasilnya ????

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s